Internasional

31 Orang Tewas Terinjak Saat Peringatan Asyura di Iraq

Peringatan Hari Asyura di Iraq 2019
Peringatan Hari Asyura di Iraq 2019

Acara peringatan hari Asyura di Karbala, Irak berubah menjadi kekacauan. Dilaporkan 31 orang meninggal dunia karena terinjak-injak. Sementara itu 100 lainnya mengalami luka-luka, dan jumlahnya kemungkinan bisa meningkat.

Tanggal 10 Muharram memang diperingati sebagai hari wafatnya cucu Nabi Muhammad, Imam Hussein dalam pertempuran tahun 680. Pada peringatan ini, jutaan umat Syiah melakukan ziarah ke Karbala.

Acara peringatan itu dilaksanakan dengan sejumlah ritual duka cita. Selain itu digelar juga rekonstruksi peristiwa wafatnya Imam Hussein. Salah satu ritual puncaknya yakni ‘lari Tuwairij’.

Ritual Lari Tuwairij ini untuk mengenang pelarian Abbas, adik Hussein. Abbas berlari dari Desa Tuwairij menuju Karbala untuk menyelematkan Hussein yang sedang berperang.

Saat ritual pelarian itulah, peristiwa peringatan hari Asyura kemarin terjadi. Diduga, salah satu peziarah terjatuh yang memicu peziarah lain tersandung dan kemudian terinjak-injak.

Namun laporan lain dari pihak pejabat keamanan setempat menyebut, insiden terjadi karena sebuah jembatan yang dilewati tiba-tiba saja roboh.

Insiden yang menelan banyak korban jiwa saat peringatan hari Asyura beberapa kali terjadi. Bahkan pada 2005 silam, 965 orang meninggal dunia, karena panik adanya isu bom bunuh diri.

Berita Terkait

Petinju Rusia Maxim Dadashev Meninggal Usai Pertandingan

sebabut

Pegulat Silver King Meninggal Dunia Saat Bertanding

sebabut

Jamaah Masjid di Norwegia Ditembaki Saat Perayaan Idul Adha

sebabut
Memuat...