Peristiwa

BJ Habibie Meninggal Dunia di Usia 83 Tahun

BJ Habibie Saat Terbaring di Rumah Sakit
BJ Habibie Saat Terbaring di Rumah Sakit

BJ Habibie meninggal dunia pada pukul 18.05 di RSPAD Gatot Soebroto. Habibie meninggal di usia 83 tahun, setelah sebelumnya dirawat intensif sejak awal bulan September ini.

Kabar duka ini dikonfirmasi oleh pihak keluarga dan juga dr Terawan, kepala RSPAD. Di rumah sakit, mantan presiden ke-3 Indonesia itu dirawat berbagai dokter spesialis dari berbagai bidang, yakni jantung, ginjal dan penyakit dalam.

Anak BJ Habibie, kemarin sempat memberitahukan kepada awak media bahwa ayahnya membutuhkan banyak istirahat. Oleh karena itu Habibie harus dirawat di rumah sakit, karena jika di rumah, maka Habibie tidak bisa istirahat lantaran bakal banyak tamu berkunjung.

Sejak muda, Habibie memang memiliki masalah dengan jantung. Dengan usianya yang semakin menua, kesehatan jantungnya pun semakin melemah. Sementara, aktivitas Habibie tetap tinggi yang akhirnya tubuhnya pun seperti memberontak.

BJ Habibie beberapa waktu lalu juga sempat mendapat perawatan di Jerman. Beliau dirawat karena mengalami kebocoran klep jantung.

Dari RSPAD, jenazah BJ Habibie rencananya akan dibawa ke rumah duka yang berada di Patra Kuningan, Jakarta Selatan.

Bacharuddin Jusuf Habibie dikenal dengan karya-karyanya yang mendunia di bidang teknologi penerbangan. Karya yang terkenal yakni beliau membuat pesawat N-250 Gatot Kaca yang menjadi pesawat pertama yang dibuat oleh Indonesia.

Hari Berkabung Nasional

Pemerintah, melalui Kementerian Sekretaris Negara mengeluarkan edaran resmi terkait meninggalnya BJ Habibie. Sesuai dengan UU No 24 tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara, ditetapkan pada tanggal 12 September 2019 sampai dengan tanggal 14 September 2019 sebagai Hari Berkabung Nasional.

Pihaknya menginstruksikan kepada seluruh kepala daerah untuk kemudian diinformasikan kepada masyarakat Indonesia untuk mengibarkan bendera setengah tiang. Hal ini sebagai penghormatan setinggi-tingginya atas jasa putra terbaik bangsa, BJ Habibie.

Berita Terkait

Tiga Polisi Terbakar Saat Amankan Demo di Cianjur

sebabut

Mati Listrik Wilayah Jakarta & Sekitarnya, Dampak dan Penyebabnya

sebabut

Rutan Siak Kelas IIB Sri Indrapura Ricuh, Seorang Polisi Tertembak

sebabut
Memuat...