Hobi

Memanfaatkan Kebun Belakang Rumah Untuk Relaksasi dan Sayuran

Ide Kebun Belakang Rumah Dengan Lahan Kecil
Ide Kebun Belakang Rumah Dengan Lahan Kecil

Banyak orang memanfaatkan lahan kosong di belakang rumah, untuk dijadikan sebuah kebun. Tempat ini bisa dijadikan sebagai spot untuk rekreasi, relaksasi dan tempat bermain menghabiskan waktu bagi anggota keluarga. Tak peduli entah itu lahannya besar atau sempit, anda masih bisa memanfaatkan lahan belakang rumah untuk dijadikan taman yang menarik. 

Ide Memanfaatkan Lahan di Belakang Rumah

Lahan yang tidak terpakai atau nganggur sekecil pun, bisa digunakan menjadi taman atau teras kecil yang tidak serumit dibandingkan lahan yang besar. Selain itu, biaya pembuatan dan perawatannya pun tidak besar. Meski demikian, kebun belakang rumah dengan lahan kecil, hasilnya tidak akan kalah bagusnya dengan lahan yang besar, asal kita bisa mengaturnya dengan baik.

Desain Kebun Belakang Rumah Minimalis
Desain Kebun Belakang Rumah Minimalis

Mungkin anda akan berpikiran untuk membuat balkon taman kecil, menambahkan furnitur yang menarik, atau bermain dengan warna-warni tanaman dan bunga, di taman belakang rumah anda. Ada beberapa tips, agar anda bisa memaksimalkan lahan belakang rumah anda yang tidak begitu besar, dengan sentuhan-sentuhan sederhana. Simak berikut ini : 

Desain Tanaman Vertikal

Teknik Vertical Garden Untuk Kebun Kecil Belakang Rumah
Teknik Vertical Garden Untuk Kebun Kecil Belakang Rumah

Dengan luas yang tidak begitu besar, anda bisa menerapkan teknik kebun vertikal. Manfaatkan tembok, pagar atau anda bisa membuat papan kayu untuk menempatkan tanaman atau bunga. Dengan metode ini, anda bisa memaksimalkan penuh ukuran kebun belakang anda yang kecil. 

Beri Background

Cat tembok atau pagar pembatas rumah anda, dengan kombinasi dua warna. Dengan mengecat tembok pembatas untuk dijadikan background, akan menciptakan ilusi tambahan ruang dan ketinggian. Sehingga area kebun belakang rumah anda akan terlihat lebih besar.

Fokuskan Pada Furniture

Tampilkan beberapa objek dari furniture yang terlihat mencolok daripada lingkungan sekitar. Tempatkan di posisi paling ujung kebun anda. Ini akan menciptakan ilusi seakan-akan anda memiliki kebun belakang yang luas. 

Kebun Kecil Dengan Furnitur
Kebun Kecil Dengan Furnitur

Strategi berikutnya yakni dengan menempatkan semak-semak yang tinggi, yang menutupi pandangan. Teknik ini akan menghadirkan kesan adanya ruangan lagi di balik semak-semak, yang akan memberikan kesan luas pada kebun minimalis anda.

Kebun Sayur Belakang Rumah

Selain memanfaatkan lahan di belakang rumah untuk tempat relaksasi dan tempat bermain, anda juga bisa menyulapnya menjadi kebun sayuran. Ada beberapa manfaat, menjadikan kebun belakang menjadi kebun sayuran, seperti : 

  • Menghemat biaya dengan memberikan keluarga anda makanan organik yang sehat
  • Mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjual hasil sayuran di kebun
  • Menambah keharmonisan keluarga dengan bercocok tanam bersama
Membuat Kebun Sayur di Belakang Rumah
Membuat Kebun Sayur di Belakang Rumah

Untuk mulai menjadikan kebun belakang untuk menanam sayuran, tidak diperlukan banyak peralatan. Beberapa hal yang penting untuk disiapkan yakni : 

  • Tanah yang subur
  • Akses air yang mudah
  • Bibit sayuran
  • Polybag

Langkah pertama yang bisa anda lakukan yakni tahap perencanaan desain tata letak untuk kebun sayur anda. Ukur dengan tepat luas lahan keseluruhan dan kebutuhan lahan yang akan digunakan. 

Untuk bibit sayuran, anda bisa mendapatkan di toko-toko bunga atau tanaman. Harganya pun sangat murah. Beberapa sayuran yang cocok dan juga tidak banyak memakan tempat serta perawatannya mudah seperti : Bayam, Kangkung, dan juga Cabe.

Kebun Sayuran Dengan Hidroponik di Rumah
Kebun Sayuran Dengan Hidroponik di Rumah

Anda bisa menggunakan polybag untuk media tanam dan menyusunnya dalam sebuah rak, untuk penghematan lahan. Jadi anda bisa menggunakan teknik kebun vertikal seperti yang sudah digambarkan di atas. Atau anda juga bisa menggunakan teknik hidroponik.

Lakukan perawatan secara rutin, dan mungkin dalam jangka waktu seminggu sekali membersihkan rumput liar dan sampah yang mengganggu. Kegiatan ini bisa anda lakukan dengan anggota keluarga.

Berita Terkait

Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Mudah Dipelihara

sebabut

10 Jenis Kucing Terbesar di Dunia Untuk Dipelihara

sebabut

Adakah Ikan Hias Air Laut yang Bisa Hidup di Air Tawar

sebabut
Memuat...