Lifestyle

Susu Untuk Ibu Hamil Penghilang Mual Perlukah?

Susu Untuk Ibu Hamil
Susu Untuk Ibu Hamil

Susu untuk ibu hamil sudah seperti menjadi asupan wajib, bagi para wanita yang tengah mengandung si buah hati. Selain memberikan tambahan gizi bagi si calon bayi, rupanya susu ibu hamil juga dikonsumsi sebagai pengganti asupan makanan. Sebab, di kala sedang mengandung, rasa mual sering menjadi masalah tersendiri. 

Rasa mual ini sangat mengganggu para ibu, padahal masa kehamilan identik dengan “Ngidam”. Di mana para ibu atau calon ibu menjadi begitu tertarik akan sesuatu menu makanan. 

Saat masa kehamilan, ibu hamil menjadi mudah lapar. Namun jika makanan tidak cocok, berbau menyengat atau rasa yang terlalu kuat, akan membuat ibu hamil jadi mual dan gampang muntah. Dengan rasanya yang tidak membuat ibu hamil mual, susu ibu hamil menjadi pendamping asupan makanan yang biasa dikonsumsi. 

Beberapa jenis merk susu ibu hamil yang paling sering dikonsumsi yakni : 

  • Prenagen
  • Anmum
  • SGM
  • Lactamil
  • Frisomum
Susu Prenagen Untuk Ibu Hamil
Susu Prenagen Untuk Ibu Hamil

Susu memang diketahui sebagai sumber protein yang lengkap. Susu khusus untuk ibu hamil dianggap mampu mengurangi rasa mual dan mengurangi intensitas muntah. Mual dan intensitas muntah yang meningkat ini biasanya terjadi pada trimester awal atau 3 bulan pertama masa kehamilan. Oleh karena itu, susu ibu hamil dinilai mampu memberikan nutrisi yang mencukupi. 

Susu Ibu Hamil 2 Bulan
Susu Ibu Hamil 2 Bulan

Elemen penting yang biasanya diharuskan ada dalam sebuah susu hamil yakni harus mengandung : 

  • Vitamin B6
  • Protein 
  • Asam folat untuk menghindari resiko cacat tabung saraf pada janin
  • Zat besi untuk anemia
  • Kalsium, Fosfor, Magnesium, Vitamin D untuk kesehatan tulang
  • Omega 3, 6 dan 9 untuk perkembangan otak janin 

Seberapa Perlukah Mengkonsumsi Susu Untuk Ibu Hamil?

Banyak para ibu dan calon ibu mengkonsumsi susu karena ingin kondisi kesehatan janin terjamin dan berharap bisa tumbuh berprestasi kedepannya. Namun Ketua Sentra Laktasi Indonesia, Dokter Utami Roesli, SpA, IBCLC, FABM, menyebut susu hamil tidak perlu dikonsumsi jika asupan gizi makanan sudah terpenuhi. 

Susu Ibu Hamil Apakah Perlu Dikonsumsi
Susu Ibu Hamil Apakah Perlu Dikonsumsi

Bahkan menurutnya, susu ibu hamil itu sama saja dengan susu-susu lainnya. Jika ada yang menyebutkan susu ibu hamil berpengaruh pada tumbuh kembang janin, hal tersebut hanya sebagai promosi saja. 

Lemak sapi itu berikatan pendek, makanya perlu menambahkan DHA dan AHA. Masalahnya, zat itu tidak diserap dengan bagus karena tempelan
Dokter Utami Roesli

Dia melanjutkan, dari 16 penelitian terhadap susu-susu kehamilan, penambahan DHA dan AHA tidak akan menambah kecerdasan anak. Karena DHA dan AHA tidak bisa bercampur dengan lemak sapi yang dijadikan bahan baku susu. 

Berita Terkait

Cara Menghilangkan Bulu Ketiak Permanen Dengan Jeruk Nipis

sebabut

Cara Menghitung Usia Kehamilan Secara Akurat Dengan HPHT, TFU dan USG

sebabut

Manfaat Telur Puyuh Untuk Ibu Hamil

sebabut
Memuat...